Proses layanan referensi
Standar dan pengukuran
- · Standar minimum layanan referens seharusnya dapat diukur secara kualitatif dan kuantitatif
- · Kriteria dasar yang penting dari beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa bukan segi kuantitatif yang diupayakan, namun tingkat kualitas layanan.
- · Hasilnya: pertama, pustakawan referens bisa menunjukkan kinerja berkaitan dengan dokumen yang mendekati standar layanan.
Tujuan dan misi organisasi
- · Adanya kebijakan dalam bentuk tertulis sebagai panduan yang merekomendasikan kode layanan terbitan dan tujuannya serta kebijakan seleksi
- · Beberapa institusi menempatkan tujuannya pada departemen-departemen tersendiri
Kebijakan mengacu pada pertimbangan:
- · Pernyataan tujuan, termasuk perpustakaan dan sistem secara keseluruhan
- · Mendefinisikan lingkup strategi
- · Menggunakan anaisis waktu sekarang dalam proses referensi
- · Pertimbangan biaya, SDM dan seluruh tujuan perpustakaan untuk kegiatan di masa mendatang
- · Lakukan evaluasi pertumbuhan untuk capaian waktu ke depan dan tekanan pada strategi yang umum dan khusus
Penilaian layanan referens
- · Analisis statistik: untuk yang tidak percaya
- · Analisis statistik: untuk yang percaya
- · Manakah yang tepat
Tipe-tipe evaluasi
- · Wawancara
- · Pengamatan langsung
- · Angket
- · Studi kasus
- · Uji pertanyaan
- · Survei perpustakaan
Wawancara terstruktur:
- · Format
- · Wawancara terbuka
- · Wawancara mendalam(dept interview)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar